Lenovo K900

Posted by Satriyo Achmad

Hai sobat blogger, kali ini saya akan mereview spesifikasi dari Smartphone Lenovo k900

Di antara sekian banyak produk komputer dan gadget yang dipajang di booth Intel dalam ajang pameran Computex 2013 di Taipei, terdapat smartphone K900 dari Lenovo.

Produk yang  diperkuat prosesor Intel Atom Z2580 berkecepatan 2 GHz ini duduk di jajaran teratas smartphone kelas premium buatan produsen yang bersangkutan dan merupakan salah satu perangkat flagship yang diandalkan Intel melawan dominasi ARM di dunia mobile.

Sebagai gadget nomer satu, sudah barang tentu K900 dilengkapi dengan berbagai macam komponen dan fitur unggulan. Seperti apa penampilan dan kinerjanya? mari kita bahas.

Desain

Dengan bentang layar 5,5 inci, Lenovo K900 terlihat bongsor di antara produk-produk smartphone lain yang tersedia sekarang. Ukurannya tampak sangat besar, bahkan ketika dibandingkan dengan Galaxy S4 dari Samsung yang mengusung  display 5 inci.


Tingkat kecerahan, kontras, dan saturasi warna layar LCD pada K900 agaknya belum bisa menandingi display AMOLED milik Galaxy S4, tetapi sudah tampak sangat tajam karena memang memiliki resolusi full-HD (1920x1080) dengan tingkat kepadatan pixel mencapai 401 ppi. waw, suatu hal yang sangat luar biasa tentunya.

Bentuk fisik K900 yang didesain dengan sudut-sudut tajam membuat smartphone ini tampak sangat elegan.

Untungnya, dengan bobot 162 gram, K900 masih terasa ringan di tangan sehingga tak terlalu membuat pegal ketika digenggam beberapa lama. Ketebalan yang hanya 7 mm membantu membuatnya terlihat langsing meski berlayar lebar.

Dari segi materail konstruksi, pemakaian logam aluminum membuat K900 terasa solid sekaligus dingin ketika disentuh.

Lenovo menyediakan tiga buah soft button (menu, home, dan return) di bagian muka K900 untuk keperluan navigasi di sistem operasi Android 4.2.1 milik perangkat ini. Tombol pengaturan volume suara diletakkan di sisi kiri, sementara tombol power terdapat di sebelah kanan.

Salah satu fitur unggulan ponsel pintar ini adalah unit kamera utama yang memiliki resolusi 13 megapixel di bagian belakang. Unit kamera depan, sementara itu, memiliki bidang pandang 88 serajat yang diklaim terlebar saat ini.

Daya Kerja
Dilihat dari skor benchmark singkat dengan Antutu versi 3.3, performa Lenovo K900 tampaknya cukup menjanjikan. Meski "hanya" mengusung prosesor dual-core dengan teknologi Hyper threading, ponsel pintar ini mampu mencetak skor 27.000 atau hampir menyamai nilai Galaxy S4 yang berada pada kisaran 28.000 untuk benchmark tersebut.


Seakan menegaskan kualitasnya, aplikasi kamera di K900 digelari Super Camera. Fitur-fitur kamera 13 megapiksel-nya memang sangat lengkap sampai-sampai pengaturannya terbagi 3, Basic, Advance dan Other:
  1. Basic: switch kamera depan-belakang, flash, resolusi, Scene (Normal, night, portrait dsb), Effect adjust (pengaturan tingkat kecerahan, eksposur, kontras, saturasi dan ketajaman), kualitas foto, serta Guidelines (garis-garis untuk membantu mengatur komposisi).
  2. Advance: pengaturan ISO, White balance, Stroscopic (auto, 50Hz, 60Hz) dan pengaktifan touch control shot.
  3. Other Setting: lokasi GPS, bunyi kamera, animasi kamera dan mode fokus foto (auto atau continous).
Selain pengaturan, ada banyak efek-efek tersedia di kamera K900. Efek-efek ini berfungsi secara live time, namun tentunya untuk beberapa efek, resolusi kamera dikurangi. Efek-efek ini tidak hanya banyak, namun juga masing-masing memiliki pengaturan tersendiri.
  1. Lens Effect: Tilt shift, Blur, Kaleidoskop, Mirror, Backlight dan fisheye
  2. Magic Effect: Glass, Thermal, Pencil, Starburst, Wave, comic
  3. Color effect: LOMO, Rural Poster, popart, dsb.
Pemutar Video

Setelah sebelumnya agak mengecewakan di Lenovo K860, di mana format avi tidak terputar, sedangkan .mkv beresolusi 1080p tersendat-sendat, Lenovo menebusnya di K900. Video 1080p berbagai macam format seperti: .mp4, .avi, .mkv dan .wmv bisa diputar dengan lancar. Video yang tidak terputar adalah format iTunes (.mov) , dan format 60fps. Namun masih ada kelemahannya, pengaturannya sangat minim. Subtitle misalnya, tidak bisa ditampilkan. Hanya ada fitur pengaturan tingkat kecerahan layar serta fitur screen capture. Jadi untuk pecinta film yang hobi nonton di smartphone, sangat disarankan menginstal aplikasi pihak ketiga seperti MX Player, Mobo Player.

Pemutar Musik

Meskipun aplikasi Galeri foto dan pemutar video sudah terkostumisasi oleh Lenovo, namun aplikasi pemutar musik masih bawaan Google yakni Google Play Music, seperti pada Lenovo K860. Ada beberapa kategori tersedia seperti Recent, Artists, Albums, Songs, Playlist, dan Genres. Anda bisa like dan dislike lagu-lagu yang ada ponsel ini. Tentu saja Anda juga bisa bikin Playlist sendiri. Ada beberapa efek suara yang bisa Anda pilih seperti ekualiser (flat, folk, rock, pop dan lain-lain) dan buatan Anda sendiri. Saat mengenakan headset Anda dapat mengatur efek ''Bass Boost'' dan efek 3D. Keluaran suara via headset cukup powerful, dengan bass yang lumayan nendang, namun outputnya lebih bagus ke arah treble. Keluaran suara via loudspeaker lumayan kencang, namun kualitasnya agak cempreng. Ada radio FM, namun seperti biasa memerlukan headset untuk dijadikan antena bantuan.

dan berikut spesifikasi lengkapnya :

Prosesor              : The Intel Atom™ 2.0 GHz
OS                      : Andoid Jelly Bean 4.2
Layar                  : Full HD 5.5" Display
                             Corning Gorilla Glass 2 Display
Konektivitas        :
  1. triband GSM, HSDPA 2100
  2. Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA, kemampuan Wi-Fi hotspot/tethering
  3. Bluetooth dengan A2DP
  4. port Micro SD sampai 32GB
  5. port MicroUSB
  6. GPS dengan dukungan A-GPS dan bantuan kompas elektrik (sebelumnya kompas tidak ada di K860)

Daya Tahan Batere
  • Real Racing 3: bertahan 2 jam 7 menit
  • Browsing: bertahan 3 jam 50 menit
  • Memutar video HD 1080p: bertahan 4 jam 44 menit
  • Screenshot untuk keperluan review (hampir seluruh fitur dicoba): dalam waktu 40 menit berkurang 17%, kira-kira batere habis dalam waktu 3 jam 55 menit
.demikianlah review ponsel Lenovo K900.
 

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment